Pertempuran Pesawat Militer Di Perang Dunia II


Perang Dunia II(1939-1945) adalah konflik terparah yang pernah terjadi dalam sejarah kehidupan manusia. Pesawat terbang turut ambil bagian dalam setiap pertempuran besar tersebut. Pada tahun-tahun pertama peperangan, pesawat terbang membuka jalan bagi tank-tank Jerman. Tak lama sesudahnya, kekuatan udara Inggris, Amerika, dan Uni Soviet memainkan peranan penting dalam mengalahkan kekuatan Jerman dan negara-negara poros. Padahal sebelumnya, belum pernah ada pertempuran udara sedahsyat itu. 
Quote:
Quote:
Pertempuran Di Inggris
Spoiler for Pertempuran Inggris

Pada musim panas tahun 1940, tentara Jerman menduduki Polandia, Prancis, dan negara Eropa lain. Bala tentara Inggris, yang mencakup angkatan perang dari Negara Persemakmuran, seperti Kanada dan Australia, telah kehilangan hampir seluruh perlengkapan perang di Dunkirk, Prancis. Namun, mereka masih terus bertahan untuk mencegah invasi Jerman terhadap Inggris. Untuk mengivansi Inggris, tentara Jerman berencana menggunakan kekuatan udara untuk menghancurkan Anggkatan Laut Kerajaan Inggris dan pertahanan Inggris lain. Angkatan Udara Inggris (Royal Air Force/RAF)  harus disingkirkan lebih dahulu sehingga pesawat Jerman dapat terbebas dari serangan. Pertempuran di wilayah selatan Inggris ini dikenal sebagai Perang di Inggris. 
Spoiler for Spitfire


Spitfire terbang pertama kali pada tahun 1936. Spitfire tergolong pesawat yang canggih pada zamannya. Spitfire dirancang pada masa RAF masih menggunakan Pesawat Sayap Ganda dengan 2 senapan mesin yang memakai lapisan luar kain terpal. Seluruh konstruksi Spitfire terbuat dari bahan logam dan dilengkapi dengan 8 senapan mesin. Pesawat ini cepat, berdaya manuver tinggi, dan memiliki roda pendaratan yang dapat ditarik masuk


Spoiler for Pertempuran Kejar-Mengejar(DogFight)

Spitfire Inggris dan Messerschmitt 109 Jerman terbang mengelilingi satu sama lain di wilayah selatan Inggris. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan 'DogFights' (Pertempuran Kejar Mengejar) *Kayak Kucing sama Anjing aja pakek kejar kejaran 
Quote:
Quote:
Pertempuran Di Sahara
Spoiler for Pertempuran Di Gurun

Di Afrika, Angkatan Perang Jerman dan Italia berusaha memukul mundur tentara Inggris hingga ke wilayah utara Sahara. Pertempuran berlangsung diwilayah terbuka yang luas. Bahan bakar, perbekalan, tentara dan amunisi turut dibawa hingga ke garis depan pertempuran. Pesawat Inggris berupaya mencegah perbekalan tentara Jerman sampai ke tempat tujuan. Pertempuran berlangsung sejak akhir tahun 1940 hingga Mei 1943, saat Korps Afrika-Jerman akhirnya menyerah di Tunisia. Tentara Jerman bertempur dibawah pimpinan Jendral Erwin Rommel, yang dijuluki 'Si Rubah Gurun' . Dalam pertempuran itu, Jerman kalah dari Sekutu. Pertempuran El Alamein di Mesir tahun 1942 meruupakan titik balik dari peristiwa ini.
Spoiler for Junkers 52 dan Messerschmitt Me 323




Jerman mencoba memperkuat pertahanan Korps Afrika dengan menerbangkan bahan bakar dan amunisi. Mereke menggunakan pesawat Junkers 52 dan raksasa bermesin 6 Messerschmitt Me 323 sebagai pengangkut. Jerman menderita kekalahan dan kerugian besar karena kebanyakan pilot mereka merupakan instruktur dari sekolahan penerbangan. Kematian mereka membuat Jerman kewalahan melatih pilot-pilot baru


Spoiler for Hurricane


Dalam Perang Inggris, para pilot Inggris menerbangkan pesawat tempur Hurricane meskipun pesawat-pesawat itu makin usang. Digurun, Hurricane dipakai untuk melakukan serangan darat. Alat Penyaringan pasir ditempelkan pada badan pesawat untuk melindungi mesin dari debu. Pesawat juga dilengkapi dengan senapan mesin untuk menembaki tank-tank Jerman yang hancur oleh serangan Hurricane.


Spoiler for Curtiss P-40


Pesawat tempur Curtiss P-40 *Pesawat Kesukaan TS ini  buatan Amerika digunakan oleh Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dalam pertempuran di gurun. P-40 pertama kali melihat pertempuran dengan skuadron Persemakmuran Inggris Angkatan Udara Gurun di Timur Tengah dan Afrika Utara kampanye, selama Juni 1941.
Quote:
Quote:
Pertempuran Pasifik
Spoiler for Pertempuran Di Lautan Pasifik

Di Pasifik, Jepang berusaha memperluas wilayahnya. Angkatan Perang Jepang banyak bertempur melawan tentara Amerika di sejumlah pulau di kawasan Pasifik. Makin jelas sudah bahwa persenjataan berat tidaklah sebanding dengan serangan pesawat pembom ringan yang diluncurkan dari pesawat induk. Pesawat induk inilah menjadi senjata terampuh di laut.
Spoiler for Mitsubishi A6M Zero fighter


Pesawat ZERO Jepang merupakan pesawat tempur yang luar biasa dengan radius penerbangan sangat jauh *Trus kenapa namanya ZERO kalo bisa terbang jauh . ZERO berhasil mengambil alih kekuasaan Sekutu secara mendadak pada permulaan pertempuran di Asia.


Spoiler for Douglas SBD Dauntless



Pertempuran Midway dimenangkan Angkatan Laut AS yang memanfaatkan Pesawat Pembom Tukik untuk menembaki kapal induk musuh dalam beberapa menit *Curang AS . Kebanyakan bom tidak mengenai sasaran, tetapi beberapa berhasil menimbulkan kebakaran hebat pada kapal-kapal induk Jepang.

Komentar